Pivot Table adalah sebuah table khusus yang marangkum
informasi dari beberapa kolom tertentu dari sebuah sumber data. Data
yang akan disajikan dalam Pivot Table akan lebih sederhana, sehingga informasi yang dulunya kompleks dengan menggunakan Pivot Table akan menjadi lebih sederhana. Pada minggu ini saya akan membagikan cara membuat Pivot Table pada Microsoft Excel, berikut caranya.
2.Jendela baru untuk memilih table data dan tempat Pivot Table akan terbuka.
3.Bila telah selesai klik OK dan akan muncul jendela bagian untuk mengedit Pivot Table.
4.Untuk memilih data yang ingin dimasukkan kita hanya perlu mencentangnya dan mendragnya ke bagian yang kita inginkan.
Sebagai referensi saya akan memberikan file contoh yang saya gunakan di sini.
Selamat Mencoba.
3.Bila telah selesai klik OK dan akan muncul jendela bagian untuk mengedit Pivot Table.
4.Untuk memilih data yang ingin dimasukkan kita hanya perlu mencentangnya dan mendragnya ke bagian yang kita inginkan.
- Filter akan berada di bagian paling atas karena akan memfilter data yang akan ditampilkan.
- Rows menampilkan data secara kebawah dan sesuai dengan urutan yang kita buat.
- Columns memiliki fungsi yang sama dengan Rows, akan tetapi data yang di tampilkan akan menyamping.
- Values adalah bagian yang menunjukkan data yang biasanya berupa angka seperti jumlah barang atau total harga.
- Pada bagian bawah jendela PivotTabel terdapat pilihan Defer Layout Update, bila pilihan ini dicentang maka perubahan yang kita buat tidak akan langsung diaplikasikan ke Pivot Table dan kita harus mengklik tombol Update untuk mengaplikasikan perubahan yang anda buat.
Sebagai referensi saya akan memberikan file contoh yang saya gunakan di sini.
Selamat Mencoba.