Minggu, 19 Maret 2017

Formula sederhana pada Microsoft Excel.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa formula sederhana yang umum akan kita gunakan dalam pengolahan data pada Excel. Berikut formula tersebut.

1. SUM
Digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu. Rumusnya adalah "=SUM(number1, number2, ...)" Anda juga dapat memblok range yang ingin di jumlah kemudian menekan Enter.

2. MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range. Rumusnya adalah "=MIN(number1, number2, ...)" Anda juga dapat memblok range yang ingin dicari nilai terendah.

3. MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range. Rumusnya adalah "=MAX(number1, number2, ...)" Anda juga dapat memblok range yang ingin dicari nilai tertinggi.

4. AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range. Rumusnya adalah "=AVERAGE(number1, number2, ...)" Anda juga dapat memblok range yang ingin dicari nilai rata-rata.

5. COUNTA
Digunakan untuk menghitung jumlah cell yang tidak kosong. Rumusnya adalah "=COUNTA(value1, value2, ...)"  Anda juga dapat memblok range yang ingin dihitung jumlah cell yang tidak berisi.






































6. COUNTIF
Digunakan untuk menghitung jumlah data dalam suatu range yang memiliki kriteria tertentu. Rumusnya adalah "=COUNTIF(range, criteria)" Kriteria dapat berupa angka, huruf atau kata. 

7. SUMIF
Digunakan untuk menjumlahkan data dalam range yang memenuhi kriteria tertentu. Rumusnya adalah "=SUMIF(range, criteria, [sum_range])"

Keterangan.
range = merupakan area dari kriteria yang akan kita uji
Criteria = merupakan variabel kriteria yang akan kita ambil sebagai ketentuan penjumlahan, bisa berupa angka, text atau cell
sum_range = merupakan area nilai angka yang hendak kita jumlahkan berdasarkan kriteria yang telah kita tentukan nilainya berupa angka




Penggunaan Cell Absolute ($) pada Microsoft Excel.

Cell absolut merupakan alamat cell yang keberadaannya dalam kondisi terkunci. Alamat cell dikunci dengan tujuan dan maksud agar alamat cell tidak mengalami perubahan saat dilakukan proses Auto Fill baik dalam penggunaan nomor otomatis, atau penerapan rumus. Proses Autofill ini biasanya akan menambahkan alamat cell ke cell berikutnya. Artinya cell tersebut harus terkunci agar tidak berubah dan istilah ini dinamakan cell Absolut.

A. Cara Penggunaan.
Cell Absolut sangat mudah sekali menggunakannya yaitu hanya dengan menambahkan symbol $ di depan nama kolom atau nomor barisnya atau dengan cara otomatis yaitu dengan menggunakan tombol formula F4.

B. Jenis Cell Absolute.
Ada 3 Jenis Cell Absolute yang dapat kita gunakan yaitu sebagai berikut.

  1. $A1 merupakan alamat cell Absolut dimana symbol $ terletak di depan kolom, ini menandakan apabila saat menggunakan Auto Fill nama kolom tersebut akan terkunci namun nomor barisnya terus bertambah
  2. A$1 merupakan alamat cell Absolut dimana symbol $ berada di tengah atau di depan nomor baris, maka apabila proses auto fill digunakan nomor baris tersebut akan terkunci namun nama kolomnya akan selalu tetap dan tidak berubah.
  3.  $A$1 aturan yang ke-3 alamat cell Absolut dimana peletakan symbol berada pada keduanya yaitu didepan kolom dan baris ini menandakan apabila ketika penggunaan auto fill alamat kolom dan baris tersebut tidak akan berubah dan akan terkunci. 

C. Contoh
Perhatikan gambar di bawah ini saya akan mengganti harga dollar menjadi rupiah dengan kurs yang telah tersedia.
 
Jika di enter maka hasilnya akan muncul dengan benar.


Bagai mana bila saya auto fill? Hasil yang ditampilkan akan salah karena cell yang berisi harga kurs yang seharusnya tetap di cell C3 juga bergerak bersama dengan sistem auto fill.


Cara memperbaikinya adalah dengan membuat C3 sebagai cell absolut di dalam rumus. Kita hanya perlu menambahkan tanda absolute ($) atau memencet f4 satu kali untuk mengunci kolom dan baris yang berisi kurs mata uang dan mengulang proses auto fill.

Membuat rumus matematika dan cara menghitungnya.

A. Membuat Rumus.
Microsoft Excel memiliki perintah khusus untuk membuat beberapa simbol dan rumus matematika. Dengan menggunakan perintah tersebut kita dapat membuat berbagai kombinasi rumus dari simbol dalam matematika. Berikut caranya.

1.Buka tab Insert > Pilih Equation












2. Kemudian akan muncul simbol dan struktur rumus yang bisa kita pakai.










3. Terakhir kita tinggal membuat sesuai dengan kebutuhan.























B. Cara Menghitung.

Untuk melakukan perhitungan yang simpel dapat menggunakan beberapa lambang seperti berikut.




Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan operator sebagai berikut:


Proses Pertama ^
Proses Kedua * atau /
Proses Ketiga + atau –
Rumus yang diapit dengan tanda kurung () akan diproses terlebih dahulu. Menulis Rumus selalu diawali dengan lambang sama dengan (=) .Setiap penulisan rumus diawali dengan tanda ’sama dengan’ (=) diakhiri dengan menekan Enter
Misal :
Penjumlahan    :          =A1+B1 atau +A1+B1.
Pengurangan    :          =A1-B1 atau +A1-B1.
Perkalian      :          =A1*B1 atau +A1*B1.
Pembagian      :          =A1/B1 atau +A1/B1.
Pangkat 2      :          = A1^2 atau A1^2.




















Sedangkan untuk penghitungan yang lebih sulit dapat ditambahkan dengan formula Math & Trigonometry. Caranya adalah Buka Tab Formulas > Math & Trig, kemudian akan muncul menu berisi formula yang dapat kita pakai.
 




















 

Gunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.